Kamis, 27 Desember 2012

Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia.

HAM merupakan Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh setiap umat manusia sejak lahir di dunia. Semua umat manusia terlahir dengan hak yang sama. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia tanpa membeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya. Kasus pelanggaran ham di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaika. Berikut merupakan beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia :

1. Peristiwa Tanjung Priok
Pelanggaran terjadi pada tahun 1984 dan memakan 74 korban. Peristiwa ini terjadi akibar serangan terhadap massa yang berunjuk rasa.

2.
Penculikan Aktifis 1998
Kasus yang terjadi pada tahun 1984-1998 ini mengakibarkan 23 korban dan terjadinya peristiwa penghilangan secara paksa oleh Militer terhadap para aktifis Pro-Demokrasi

3. Penembakan Mahasiswa Trisakti
Kasus yang terjadi pada tahun 1998 ini mengakibatkan 31 korban. Peristiwa yang terjadi akibat Penembakan aparat terhadap mahasiswa yang sedang berunjuk rasa.

 Sumber : http://www.reddisz.com

Analisis :

Setiap manusia sejak lahir telah memiliki hak asasi, maka dari itu kita sebagai manusia harus Menghormati hak orang lain baik dalam keluarga, kelas, sekolah maupun masyarakat. Peran pemerintah juga penting, seperti tegas dalam menangani kasus-kasus Hak Asasi Manusia terutama yang ada di Indonesia. Jika semua itu terlaksana dengan baik maka kasus atau pelanggaran Hak Asasi Manusia akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar